Selasa, 28 Agustus 2012

Cerita Danau (inspiring story)

Pada zaman dahulu kala, hiduplah seorang anak muda yang tinggal di dekat danau, dan ia setiap harinya murung karena selalu dirudung masalah.. Dia pergi kesana-kemari mencari orang bijak untuk membantu dia dalam menyelesaikan masalahnya itu. Tapi tak kunjung masalahnya itu dapat terselesaikan, malah membuat dia semakin murung karena dia merasa masalah itu terlalu berat untuk dirinya.

Pada suatu hari, terdengarlah kabar dari tetangga sekitar, kalau tinggallah seorang bijak diujung danau tersebut.. Terdengar kabar demikian, dia ingin sekali menghampiri orang bijak tersebut, manakala dia sudah berputus asa dan berharap banyak kepada orang bijak itu.

Didayung sampannya agar dapat mengarungi danau itu, untuk bertemu dengan orang bijak tersebut. Ditanyalah ke masyarakat sekitar hingga sampailah dia di rumah orang bijak tersebut. Dengan lemah diketuklah pintu tersebut.. Terdengar sahutan dari dalam "Iya? Tunggu sebentar.." sahut orang bijak tersebut. Lalu dia mempersilahkan masuk, dan duduk berbincang-bincanglah mereka.

"Apa masalahmu, wahai anak muda?? Sehingga membuat mu datang kesini?" Tanya orang bijak itu. Singkat cerita, dia menceritakan semua masalahnya, dari cinta, kehidupan, masalah pribadi, dll.

Lalu dengan senyuman lebar, orang bijak tersebut menyuruh dia membawa segelas air putih dan 2 genggam garam. Dan disuruhlah anak muda itu untuk pergi ke pinggir danau. Anak muda itu bingung apa maksud dan tujuan dari orang bijak tersebut. Dia merasa aneh dan terheran-heran, tetapi tetap dia melaksanakan perintahnya.

Lalu ketika mereka sampai di pinggir danau, si orang bijak tersebut menyuruh dia memasukkan satu genggam garam ke dalam satu gelas air putih, lalu mengaduknya. Setelah itu anak muda tersebut disuruh untuk meminum air garam itu, anak muda itu masih terheran-heran apa tujuan dari orang bijak tersebut, tetapi dia tetap mengikuti apa yang diperintahkannya. Diminumlah air yang digelas tersebut "Aduh! Pahittt.. Asinn sekali, tidak enak air ini" kata anak muda itu..

Kakek itu lalu menaruh satu genggam garam lainnya ke danau, lalu diaduk-aduklah air danau tersebut. Lalu kakek itu mengambil satu gelas air danau, lalu menyuruh anak muda itu untuk meminumnya. Tanpa pikir panjang anak muda itu meminumnya. "Tidak ada rasa apa-apa, tawar..." kata anak muda

Orang bijak itu tersenyum. "Begitulah anak muda, setiap masalah yang kita dapat janganlah simpan di dalam hati. Hati itu kecil, jadi ketika kamu selalu menyimpannya dalam hati, begitulah apa yang kamu rasa, begitu sakit mendalam yang kamu rasa. Jadi ketika kamu mendapatkan masalah, Taruhlah ditempat yang besar, bukalah pintu hatimu, ketuklah dia, lalu besarkanlah hatimu.. Karena di dalam jiwa yang besar, masalah itu tidak akan ada artinya, dan jangan lupa ketika kita mempunyai masalah, mintalah ke yang Maha Besar.."

dari YOTKC 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar